Bisnis online

Assalamualaikum..

Ini beberapa poin masukkan Dari pak wahyudi seorang pebisnis online

Beberapa hari yang lalu ramai dibicarakan mengenai penipuan toko online, dimana pembayaran sudah ditransfer, tapi barang tidak dikirim. Sebagai pelaku usaha toko online, saya sungguh prihatin dengan hal tersebut karena besar atau kecil pasti akan memberikan dampak negatif terhadap perkembangan usaha jenis ini.

Sistem COD atau Rekber memang relatif aman. Akan tetapi banyak online shop yang belum mampu untuk menggunakannnya karena beberapa hal, termasuk saya. Agar pelanggan memberikan kepercayaan dan mantap untuk berbelanja di toko online saya, maka saya melakukan beberapa hal sbb :

Mencamtumkan alamat dan no telepon secara jelas di web.
Mencatumkan foto dan suasana showroom, untuk menunjukkan bahwa kami memang punya toko offline dengan stock barang yang cukup, tidak hanya “menjual gambar”
Mencatumkan testimoni para pelanggan sebelumnya di web.
Mencantumkan beberapa berita di media masa yang pernah meliput profil usaha saya di web.
Mencantumkan foto saya dan istri di web (Narsis ya..heheh) agar pelanggan bisa punya gambaran secara visual ttg profil dan karakter saya.
Mencantumkan link facebook saya, agar konsumen bisa melihat profil lengkap saya, latar belakang saya, siapa saja teman-teman saya, dsb
Selalu mendorong konsumen, terutama yang lokasinya dekat, untuk berkunjung dan bersilaturahmi ke showroom
Menggunakan web berbayar
Dan yang paling penting, selalu memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen agar mereka juga bisa memberikan referensi positif ka calon pelanggan yang lain.
Poin-poin tersebut menurut saya bisa dijadikan acuan untuk berbelanja online secara aman.

Wassalam

About Hamba Allah

Mulai memikirkan kehidupan setelah mati, pertanggungjawaban kelak Starting care about life after death and responsibility as a human to God
This entry was posted in bisnis online. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

