Karbohidrat Baik vs Karbohidrat Jelek

Karbohidrat Baik vs Karbohidrat Jelek – Pilih Tipe Karbohidrat yang Tepat

Gw baru tau kalau Ada 2 macem karbohidrat segala fiuhhhhhhhhhhh:

Makanan terdiri dari tiga makro nutrisi yang menyediakan kalori dalam diet : protein, lemak dan karbohidrat. Karbohidrat dan protein menyediakan 4 kalori per gram dan lemak menyediakan 9 kalori per gram. Adalah penting untuk memasukkan gizi yang seimbang dari 3 makro nutrisi ini dalam rencana menu anda untuk memastikan diet yang sehat.

Karbohidrat telah banyak terdengar selama beberapa tahun ini, terutama karena sudah membanjirnya buku-buku tentang diet dipasaran dimana Atkins dan South Beach adalah 2 yang paling populer. Kedua jenis diet tersebut membedakan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana, dimana juga diterjemahkan menjadi karbohidrat “baik dan buruk”.

Semua karbohidrat mengandung gula, yang kemudian diuraikan menjadi glukosa, yaitu sumber energi utama tubuh kita. Walaupun otot kita bisa mendapatkan energi dari proses metabolik lain dalam tubuh, otak kita sangat tergantung pada glukosa agar dapat berfungsi dengan baik. Kedua jenis karbohidrat tsb berbeda dalam banyak hal, tetapi terutama pada seberapa cepat tubuh kita memprosesnya.

Karbohidrat kompleks tidak disaring dan memiliki lebih banyak serat, sehingga tubuh kita memprosesnya lebih lama. Contoh dari karbohidrat kompleks adalah : buah segar, sayur, roti gandum, nasi merah, dan ubi manis.

Karbohidrat sederhana umumnya sudah dibersihkan dari serat melalui pengolahan atau secara alami memang rendah serat. Karena itu, tubuh mengolahnya lebih cepat. Contoh dari karbohidrat sederhana adalah : gula, sirup jagung, jus buah, soda dan roti putih. Gula alami seperti laktosa, terdapat pada susu, dan fruktosa, pada jus buah juga termasuk pada karbohidrat sederhana.

Makan terlalu banyak karbohidrat sederhana dapat menyebabkan kegemukan karena gula darah yang meningkat tajam akan menyebabkan hormon insulin diproduksi tubuh. Fungsi utama insulin adalah untuk menurunkan gula darah, dan juga berfungsi untuk membawa lemak ke seluruh tubuh. Kelebihan insulin juga disebut hiperinsulinemia. Anda dapat merasakan jika anda makan roti putih atau sepiring nasi, betapa anda bisa cepat merasa lapar lagi. Hal ini disebabkan ketika anda makan makanan kaya karbohidrat sederhana ini, gelombang insulin akan menyebabkan gula darah anda segera habis dan kemudian anda jadi merasakan sensasi lapar lagi. Kemudian mulai kita merasa harus mengisi dengan karbohidrat lagi untuk menaikkan gula darah.

Adalah penting untuk mempunyai keseimbangan dalam protein, lemak dan karbohidrat dalam diet anda, dengan penggunaan karbohidrat kompleks dan kurangi karbohidrat sederhana. Sebuah langkah yang mudah untuk memastikan karbohidrat yang tepat adalah dengan memilih roti gandum dan sereal pada asaat makan pagi, kacang-kacangan dan sayur pada saat makan siang, salad dan nasi merah pada saat makan malam.

About Hamba Allah

Mulai memikirkan kehidupan setelah mati, pertanggungjawaban kelak Starting care about life after death and responsibility as a human to God
This entry was posted in diet. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s