Apa hukum meluruskan gigi?

Yugi Ramdhani: Materi: Fatwa Ulama’

Pertanyaan:
Apa hukum meluruskan gigi?

Jawaban:
Meluruskan gigi terbagi menjadi dua:

Pertama: Tujuan melakukan hal tersebut untuk menambah kecantikan diri, maka ini adalah haram dan tidak boleh.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam melaknat wanita-wanita yang merenggangkan gigi untuk kecantikan, yang merubah ciptaan Allah Subhanahu waTa`ala Inilah, padahal perempuan dituntut untuk mempercantik diri, dan dia yang dimunculkan dalam hal berhias. Dan laki-laki lebih utama lagi untuk dilarang dari hal itu.

Kedua: Apabila meluruskannya karena adanya CACAT, maka hukumnya tidak apa-apa melakukan hal itu. Karena sebagian orang, terkadang nampak sesuatu (menonjol) dari giginya, bisa jadi gigi seri (gigi depan) atau yang lainnya yang tampak kurang bagus dipandang, maka dalam kondisi ini seseorang diperbolehkan merapikannya karena hal ini termasuk menghilangkan cacat dan tidak termasuk menambah kecantikan.

Dan yang menjadi dalil terhadap hukum ini, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan laki-laki yang terpotong hidungnya agar menjadikan (membuat) hidung dari perak, kemudian karena membusuk, maka beliau memerintahkannya agar membuat hidung dari emas. Karena dalam hal ini termasuk menghilangkan cacat, dan tujuannya bukan untuk menambah kecantikan.

About Hamba Allah

Mulai memikirkan kehidupan setelah mati, pertanggungjawaban kelak Starting care about life after death and responsibility as a human to God
This entry was posted in islam. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s