CARA EFEKTIF MENGENAKAN BATU PERMATA

Disadur dari buku “STONE POWER” karya Dorothee L.Mella (MP 17)

Ketika Anda berbaring di bawah terik matahari, kulit Anda bisa terbakar. Energi elektromagnetik yang sama, yaitu sinar matahari juga terserap ke dalam batu selama pembentukannya juga punya pengaruh sama. Energi yang kuat terkandung dalam semua batu permata karena mereka terdiri dari berbagai komponen yang mirip dengan komponen yang membentuk tubuh kita, antara lain cahaya, air dan mineral, tetapi dalam bentuk yang lebih padat. Karena ciri dasar dan kemiripan strukturnya, kita bereaksi terhadap perhiasan kita dan pada batu yang ada di sekitar kita. Mungkin sebagian dari Anda merasakan interaksi Anda dengan tanaman, semakin banyak cinta, energi dan perhatian Anda berikan kepada mereka, semakin banyak energi dan pertumbuhan mereka berikan kepada Anda. Hal yang sama terjadi juga dengan batu dan permata, semakin sering Anda mengenakan batu permata dan menghargai mereka, semakin banyak yang akan mereka berikan.

Anda akan semakin ingin mengetahui seluk-beluk warna dan manfaat batu permata Anda terutama untuk meningkatkan penampilan diri Anda. Juga, Anda semakin ingin memperoleh kasiat energi yang tepat dari permata dan batu Anda, sama seperti Anda menghargai label harga dan nilai rupiahnya.

Energi batu permata dapat diserap sama seperti vitamin diserap kedalam sistem tubuh Anda, batu permata dapat membuat kita merasa nyaman ataupun sebaliknya. Energi mereka bisa menenangkan, menimbulkan rasa aman ataupun menyembuhkan. Pada sisi lain, mereka bisa membuat kita merasa jengkel, terganggu, mudah marah dan bahkan mengusik ketenangan hati kita. Kita juga dapat menerima energi berlebihan dari sebuah batu karena secara emosi kita menanggapi batu dan permata sama seperti kita bereaksi kepada makanan, warna, musik atau bunyi.

Batu yang pekat cenderung menghasilkan pengaruh energi yang lebih padat dan lebih kuat dibanding permata yang jernih atau bening. Ketika Anda menyentuh atau mengusap sebuah batu permata, Anda menyerap energinya dengan cepat. Ketika Anda mengenakan batu permata, lambat laun Anda berinteraksi dengan energi batu permata itu dan juga getaran lain yang telah dihimpun oleh batu permata itu. Perhatikan perhiasan antik Anda, ada kemungkinan dia berisi sejarah energi dari pemilik lamanya, suatu tempat atau bahkan peristiwa, dia merupakan buku sejarah yang tersimpan dalam getaran semestanya sendiri.

Manusia jaman dahulu mengenakan jimat yang terbuat dari batu dan permata di lehernya sebagai penolak bala. Manusia kuno menyadari adanya kekuatan batu yang dapat melindungi, para arkeolog menemukan jimat, tasbih dan berbagai jenis batu permata di saat penggalian di suatu situs prasejarah. Seringkali batu-batu itu dibentuk sebagai perisai, topeng, lempeng pelindung leher dan kalung. Energi perlindungan yang dipancarkan oleh batu permata akan tetap merupakan energi berkekuatan besar yang dapat dimanfaatkan sebagai perhiasan. Di negara-negara Asia tengah saat ini, para saudagar membawa ‘eye agate’ dan ‘amber’ untuk perlindungan selama dalam perjalanan niaga mereka. Di Timur ‘eye agate’ selalu diyakini sebagai pelindung dari ‘si mata jahat’ Amber, fosil getah damar, merupakan benteng energi perlindungan terhadap pengaruh dari luar. Amber akan melenyapkan diri atau kehilangan daya bila disalah gunakan.

Ada banyak sekali legenda dan contoh mengenai batu permata yang berperan sebagai pelindung, terlalu banyak untuk disebutkan di sini, mereka bisa digunakan untukmemberikan perlindungan pada akal budi, tubuh maupun kegiatan Anda. Sekarang amatilah lebih dekat batu atau permata favorit Anda dan rasakan energinya dengan menyentuhnya, alangkah menakjubkan kekuatan energi yang mereka berikan kepada Anda.

Tanaman juga senang kalau ada agate atau fosil kayu diseputar pangkal batangnya karena dengan demikian tidak ada hama penyakit yang menyerangnya. Nampaknya mereka bereaksi terhadap pancaran energi mineral ini dan tumbuh dengan lebih sehat, lebih cepat dan lebih kuat. Bila Anda mendaki gunung, ke bukit atau ke pedesaan, sebaiknya Anda mengumpulkan berbagai jenis batu berwarna dan rawatlah tanaman Anda dengan perlindungan jenis ini. Ingat, batu alam mempunyai energi halus yang baik dan Anda akan merasakan tarikan dan rekasi pada salah satu batu tertentu untuk kemudian dapat Anda gunakan secara khusus untuk perlindungan diri.

Setiap benda yang punya kehidupan maupun yang tidak, dikelilingi oleh medan energinya sendiri. Seseorang yang benar-benar karismatis memenuhi sebuah ruangan dengan kepribadiannya, seekor semut sekalipun dapat memancarkan energi dengan cara tertentu yang hanya dapat dirasakan oleh semut yang lain. Ketika Anda berada dalam jarak satu meter dari sebuah batu permata, Anda berada dalam lingkup energinya. Seorang pengusaha dapat menaruh sebuah batu di ujung mejanya, sedangkan seorang pelukis meletakkan batu permata diatas kuda-kuda atau menaruhnya di dalam kotak catnya. Batu bisa juga diletakkan dalam kotak bekal makan siang atau dalam tas kerja. Pengusaha wanita dapat menaruh batu mereka di dompetnya. Tetapi penggunaan batu yang paling populer adalah dengan mengenakannya. Ketika perhiasan menjadi lebih dari sekedar untuk meningkatkan daya tarik saja, Anda menerima dua manfaat dari sebuah batu yang sama.

Pernahkah Anda pikirkan di bagian tubuh manakah permata harus dikenakan?

Sekarang adalah saat Anda mempelajari bagian mana dari tubuh Anda yang menerima manfaat yang paling banyak dari batu permata.

Sadarilah bagian kiri tubuh Anda, lengan kiri Anda, tangan kiri Anda dan jari-jari tangan kiri Anda. Seluruh bagian kiri tubuh Anda adalah bagian tubuh yang paling peka. Dia menerima energi dari luar diri Anda. Tahukah Anda bahwa melalui bagian kiri tubuh, pengaruh dari luar bekerja lebih cepat pada pribadi Anda? Ketika mengenakan permata tertentu di sisi kiri, secara sadar Anda dapat mengontrol dan menangani stress yang datang dari sekeliling Anda. Pada sisi lain, bila Anda mengenakan permata pada bagian kanan tubuh, Anda bisa meningkatkan produktivitas Anda. Sebut saja bagian kanan tubuh sebagai sisi tindakan Anda.

Batu cincin dari segala jenis, bentuk dan ukuran adalah jenis batu permata yang paling umum. Jadikan tangan sebagai bagian tubuh Anda yang paling ekspresif. Tangan kiri Anda, sensor, pendengaran dan penerimaan Anda. Sedangkan tangan kanan Anda, kekuatan, pengarah kemauan dan yang menunjukkan ekspresi non verbal Anda.

Jemari bukan hanya untuk menekan keyboard atau tombol, setiap jari punya kegunaan sendiri. Anda harus tahu di jari mana harus mengenakan cincin permata, dan permata apa untuk jari yang mana. Jangan mengenakan cincin di ibu jari, karena ibu jari Anda ingin bebas, seperti juga hasrat Anda, jangan sampai ada yang menghalanginya.

Jari telunjuk adalah jari pengarah ekspresi dan batu permata yang dikenakan di situ dapat mempengaruhi komunikasi, cita-cita, mimpi dan keinginan Anda. Di tangan kiri, batu permata membantu penerimaan komunikasi batin. Di jari kanan, batu dapat membantu membagikan energinya kearah tindakan yang Anda tuju. Jari tengah adalah jari intuisi dan inspirasi, kenakan di jari tengah Anda batu permata hanya bila Anda hendak merangsang intuisi Anda.

Jari keempat, yang biasanya disebut dengan jari manis, adalah jari kreatif Anda. Di tangan kiri, jari ini dapat menerima semua bentuk dorongan kreatif, bahkan cinta. Di jari manis tangan kanan, Anda mengenakan cincin pertunangan atau perkawinan Anda. Ini bukan tanpa sebab karena tahukah Anda bahwa jari ini langsung mengirimkan getaran ke hati Anda?

Jari kelingking adalah jari perubahan dan kesempatan. Batu permata di jari kelingking kiri dapat membantu Anda dalam menerima perubahan, sedangkan batu yang tepat di kelingking kanan dapat mempengaruhi perubahan nasib dan pencapaian cita-cita.

Tentu saja masih ada bermacam-macam batu permata untuk jemari Anda, sesuai dengan kesukaan ataupun ketidaksukaan Anda. Anda dapat menyelaraskan setiap jari dengan batu impian yang akan meningkatkan semangat Anda atau sebaliknya, memberi Anda percintaan baru, harta dan sukses. Gunakan imajinasi dan intuisi untuk mengetahui mana yang paling bermanfaat bagi Anda. Beberapa batu permata yang paling populer untuk dikenakan di jari untuk membantu dan mempengaruhi harapan pribadi dan hasrat Anda ada dalam daftar berikut ini :

Batu pengarah untuk jari telunjukAnda; Lapiz luzuli untuk merangsang kebijaksanaan atau pengetahuan; Kerang, mutiara, garnet dan moonstone untuk merangsang cinta diri dan cinta pada sesama; Carnelian untuk merangsang cita-cita, tindakan dan prestasi Anda; Turquois, sodalite dan chrysocolia untuk menenangkan dan membuat Anda santai.
Batu intuitif untuk jari tengah Anda; Amethys atau kecubung untuk mendorong kreativitas dan inspirasi Anda; Crystal dan sapphire untuk menginspirasi cita-cita yang lebih tinggi dan mengarahkan; Ruby untuk meningkatkan keelokan diri.
Batu kreatif untuk jari manis Anda; Ruby untuk meningkatkan wajah ayu; Intan untuk meningkatkan cinta; Emerald untuk merangsang kreativitas dan ide-ide baru; Tiger’s eye dan cat’s eye untuk memfokuskan wawasan kreatif kearah yang benar; Moonstone untuk mengungkapkan cinta dan berbagi cinta; Opal untuk mendorong cita-cita dan tindakan kemanusiaan Anda.
Batu sebagai alat perubahan untuk jari kelingking Anda; Mutiara untuk mendorong kebiasaan mengorganisir dengan baik; Turquoise untuk merilekskan akal-budi dan energi syaraf Anda; Aventurine untuk membawa kesempatan baru kepada Anda.

Berdasarkan sejarah, batu permata seringkali digunakan sebagai baterai alami untuk memberikan energi baru. Para dukun kuno selalu membawa kantung berisi batu penyembuhan yang kesemuanya adalah batuan bumi yang punya energi kuat. Permata kristalin, seperti ruby, sapphire, emerald dan tournaline digunakan sebagai pembangkit keelokan, cinta, kebijaksaan dan peningkatan diri lainnya.

Mungkin sudah Anda dapati kalau Anda adalah salah satu dari orang yang tidak bisa mengenakan arloji digital dipergelangan tangan. Ini mungkin disebabkan oleh kristal kwarsa dalam arloji yang bereaksi terhadap irama tubuh Anda. Jangan memakainya, namun kalau Anda membeli perhiasan untuk dikenakan di pergelangan, carilah arloji atau batu permata yang dapat melindungi Anda, atau gelang bertatahkan batu permata yang dapat membantu Anda menghilangkan stress. Gelang atau untaian batu permata seperti turquoise, koral atau berbagai bentuk kerang, secara khusus dapat membantu Anda melepaskan energi terpendam. Mereka dapat menenangkan dan menentramkan kalau Anda mengenakannya di pergelangan. Para prajurit jaman kuno, mengenakan gelang di lengan bagian atas yang bertatahkan batu dan permata untuk menunjukkan dan mendukung pangkat, keberanian dan kekuatan mereka. Memang saat ini hal semacam itu tidak lazim lagi dilakukan, tetapi kalau Anda ingin mengenakan gelang di lengan atas, lakukan saja, tetapi itu hanya akan memberikan manfaat jasmaniah pada Anda.

Permata yang Anda kenakan sebagai kalung yang melingkar di leher biasanya mempengaruhi kepribadian Anda. Batu untuk penampilan dan penampilan diri yang positif biasanya sangat cocok untuk perhiasan leher, mutiara, misalnya dapat membantu membangun penampilan diri.

Baik telinga Anda di tindik ataupun tidak, permata di telinga biasanya mempunyai pengaruh yang baik pada tubuh Anda, namun opal dan lapiz lazuli adalah dua batu yang energinya terlalu kuat untuk dikenakan di telinga. Kadang-kadang itu dapat menimbulkan rasa pusing. Pendeta Mesir kuno menumbuk malachite untuk dijadikan eyeshadow karena mereka meyakini kalau energi kuat dari batu itu akan membantu mereka memperoleh kekuatan penglihatan, tetapi malachite bukan merupakan batu terbaik untuk telinga bagi semua orang. Dua batu yang baik untuk awet muda untuk dikenakan di telinga adalah Tiger’s eye dan Jade (batu giok). Rose Quartz dapat membantu Anda mengurangi keriput. Ada banyak batu permata yang bila dikenakan di telinga akan memberi pengaruh yang positif, baik untuk mendukung kepekaan dan ketajaman mental, ataupun mendorong cinta. Sapphire, misalnya, dapat merangsang kebijaksanaan, sedangkan Garnet, sebagai pendorong pergaulan sosial Anda.

Tentus aja, ada juga penjepit rambut yang dihiasi batu permata, dan mahkota untuk kepala Anda yang dihiasi dengan batu permata yang punya nilai keindahan, tetapi ingatlah untuk hanya menghiasi kepala Anda dengan batu permata yang punya pengaruh positif yang jelas terhadap perkembangan diri Anda dan perkembangan kepribadian Anda.

Kebudayaan kuno seringkali punya kebiasaan menaruh batu dan permata di tengah dahi mereka untuk meningkatkan kekuatan psikik. Ini seringkali merupakan eksperimen favorit bagi para pemula yang mempelajari pengembangan diri. Kecuali kalau dilakukan dengan benar, hasilnya malah bisa memperlemah. Ingatlah bahwa dahi Anda adalah titik tengah bagian depan dari otak Anda, dan batu atau permata di dahi tidak akan bermanfaat. Gadis-gadis dalam upacara Yunani purba diajar agar mempunyai kekuatan psikik dan bisa mendengar suara batin dengan mendengarkan kerang laut, sedangkan para Lama Tibet dilatih untuk menatap nyala api untuk membuka kekuatan nujum mereka. Lebih baik, Anda mencoba bermeditasi dengan Amethyst (kecubung) di tangan untuk meningkatkan kepekaan intuisi.

Ikat pinggang dan gesper berpermata dapat mempengaruhi vitalitas dan kebugaran Anda. Perhatikan gesper Turquoise di negeri-negeri barat daya; indah sekaligus fungsional. Batu jenis ini kalau dikenakan di pinggang akan memberikan energi dan membuat Anda rileks. Pada gesper ikat pinggang, coba letakkanlah Carnelian untuk motivasi, Agate untuk meningkatkan energi, Bloodstone untuk penyembuhan, Kerang ataupun Jasper untuk keseimbangan. Batu-batu kristal lebih baik dikenakan di leher atau jari-jari Anda untuk keselamatan. Banyak dongeng mengisahkan bahwa bila Coral merah dikenakan di pinggang, akan punya pengaruh baik bagi pernapasan dan paru-paru si pemakai. Berdasarkan legenda yang lain, Bloodstone yang yang dikenakan di pinggang dapat membantu jantung dan sistem peredaran darah.

Batu yang ditaruh di saku di dekat pinggul dapat mempengaruhi setiap tindakan Anda. Contohnya: bila sedang berupaya mencari pekerjaan, Anda membutuhkan batu keberhasilan yang tersembunyi. Taruhlah batu itu di saku. Anda dapat juga membawanya di dalam dompet atau tas kerja. Coba bawa Quartz yang mengandung Tourmaline atau Tourmaline untuk membantu memperoleh pekerjaan. Kalau itu tidak berhasil, cobalah Tiger’s eye, Carnelian atau Agate berlumut merah. Kalau Anda hendak mencari pasangan, bagimana dengan menaruh Moonstone dalam saku atau dompet? Batu di pinggang atau di saku selalu bermanfaat sebagai penolong khusus hampir untuk semua hal.

Dalam berbagai kebudayaan baik pria maupun wanitanya mengenakan batu permata di seputar pergelangan kakinya untuk memperoleh dukungan fisik. Batu di pergelangan kaki akan sangat membantu mengatasi masalah seperti kecanduan alkohol ataupun obat terlarang, atau bagi mereka yang terjun terlalu dalam mempelajari Okultisme ataupun psikik. Cobalah kristal, jasper atau rhodonite. Anda bahkan dapat menaruhnya dalam sepatu Anda. Mereka dapat membumikan Anda, menghilangkan sakit kepala dan pusing, bahkan membawa Anda kembali ke kesadaran jasmani Anda.

Kalau kita sudah cukup mendalami Ilmu dan Seni Penyembuhan Prana, kitapun banyak memanfaatkan batu-batu tertentu, misalnya Kristal Kwarsa untuk membantu penyembuhan yang kita lakukan, Tourmalin hijau untuk menularkan ilmu, Rose Quartz untuk membantu kita menetralkan energi negatif dan awet muda, Garnet merah untuk kemakmuran, Amethys untuk spiritualitas, Citrine untuk kreatifitas dan sebagainya. Memang kalau kita sudah bisa merasakan dengan menelusuri energi batu-batu permata ini, kita akan dapat memanfaatkannya dengan baik. Jadi di sini tidak ada yang disebut mistik ataupun tahyul.

Hal yang terpenting, sebelum mengenakannya, kita harus membersihkannya dari kesan-kesan masa lalu, program terdahulu serta energi negatif dan energi berpenyakit yang tertanam di dalamnya, setelah itu kita mengkonsekrasi dan memprogramnya, kita bisa melakukan itu kalau sudah mengikuti lokakarya Penyembuhan dengan Kristal, atau kalau belum, kita bisa meminta tolong pada mereka yang sudah mempelajarinya.

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

20140119-061101.jpg

About Hamba Allah

Mulai memikirkan kehidupan setelah mati, pertanggungjawaban kelak Starting care about life after death and responsibility as a human to God
This entry was posted in permata. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s